Ini Alasan Kenapa Hari Wayang Nasional Diperingati Tiap 7 November

Ini Alasan Kenapa Hari Wayang Nasional Diperingati Tiap 7 November

Ini Alasan Kenapa Hari Wayang Nasional Diperingati Tiap 7 November



Marikupas - Ketahui alasan Hari Wayang Nasional diperingati tiap 7 November. Penentuan itu telah disepakati Presiden Jokowi semenjak 5 tahun lalu alias tahun 2018, berikut sejarah secara singkat.

Saat itu disebut jika saran penentuan Hari Wayang Nasional itu ada dari warga. Ini dikatakan Dirjen (Direktur Jenderal) Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, pada 12 Desember 2018 kemarin.

"Ini saran yang ada dari warga ya. Dan beliau barusan langsung diambil suratnya, diberi tanda tangan pada tempat. Hingga saat ini tanggal 9 November, yakni tanggal penentuan wayang sebagai peninggalan budaya dunia oleh UNESCO itu diputuskan sebagai Hari Wayang Nasional," katanya, dikutip dari situs Kominfo.

Alasan penentuan Hari Wayang Nasional tiap 7 November ialah saat UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Dunia) memberi penghargaan terhadap wayang pada 7 November 2003. Penghargaan itu merupakan wayang sebagai "Masterpiece of the Oral Intangible Heritage of Humanity".

Bagaimana Peranan Wayang di Indonesia?


Wayang telah diputuskan semenjak Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Kreasi ini mencakup banyak faktor seni seperti seni tutur, seni sastra, seni gambar, sampai seni suara. Perubahannya terjadi dari masa ke masa, digunakan sebagai media ceramah, pendidikan, hiburan, sampai filsafat.

"Pada mula awalnya penebaran agama Islam, wayang jadi media ceramah dengan tambahan beberapa tokoh, peningkatan narasi, termasuk penilaian alur cerita hingga tidak berlawanan dengan tuntunan agama. Bahkan juga, di era lebih kekinian, wayang lalu dipakai sebagai media propaganda politik," kata Jendela Kemdikbud.

"Bersamaan perubahan jaman, wayang masih tetap bertahan hidup dan terus alami perubahan yang dikuasai oleh agama, dan beberapa nilai budaya yang masuk dan berkembang di Indonesia. Proses akulturasi ini berjalan sudah sejak lama hingga seni wayang mempunyai ketahanan dan daya kembang tinggi," katanya.

Daftar Wayang di Indonesia


Wayang Indonesia telah populer sampai ke luar negeri, dan terus jadi sisi penting dari kebudayaan Indonesia. Berikut daftar lengkap wayang Indonesia, warisan budaya tidak terbatas yang kaya nilai-nilai tradisional dan keindahan seni pertunjukan.

  1. Wayang Garing
  2. Wayang Beber Kyai Remeng
  3. Wayang Beber Pacitan
  4. Wayang Kulit Betawi
  5. Wayang Suket
  6. Wayang Thengul
  7. Wayang Wong Mataraman
  8. Wayang Wong Sriwedari
  9. Dramatari Wayang Wong
  10. Wayang Sampir
  11. Wayang Catur
  12. Wayang Pantun
  13. Wayang Golek Cepak Indramayu
  14. Wayang Golek Lenong betawi
  15. Wayang Topeng Tengger
  16. Wayang Gung
  17. Wayang Menak Sasak
  18. Wayang Ajen
  19. Wayang Ceplak
  20. Wayang Kulit Majalengka
  21. Wayang Landung
  22. Wayang Parwa
  23. Wayang Sapuh Leger
  24. Wayang Wong Parwa
  25. Wayang Kulit Sekar Kedaton
  26. Wayang Mbah Gandrung
  27. Wayang Rai Wong
  28. Wayang Wong Topeng
  29. Wayang Kancil
  30. Wayang Orang Ngesti Pandowo
LihatTutupKomentar