Pesawat Tempur Milik TNI AU, Super Tucano Jatuh di Pasuruan

Pesawat Tempur Milik TNI AU, Super Tucano Jatuh di Pasuruan

Pesawat Tempur Milik TNI AU, Super Tucano Jatuh di Pasuruan


Marikupas - Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) jatuh di wilayah Keduwung, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023). Berita itu sudah menyebar di sosial media. "Saya sedang periksa ya," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati saat dikontak, Kamis. Sedangkan, Kapendam V/Brawijaya Kolonel Inf Rendra Dwi Ardhani menjelaskan, pesawat yang jatuh sejenis Super Tucano yang disebut pesawat tempur ringan.

Di video yang tersebar di sosial media, pesawat mempunyai nomor ekor TT-3103. "Telah jatuh pesawat Tucano di hari Kamis tanggal 16 November 2023 sekitaran jam 12.00 WIB, milik TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh Malang di lokasi TNBTS, Dusun Keduwung, Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan," kata Rendra dalam penjelasannya. Jumlah awak dan penyebab jatuhnya pesawat masih juga dalam pengusutan.

Pesawat TNI Jatuh di Pasuruan


Pesawat TNI AU jatuh di area lereng Gunung Bromo, persisnya disekitaran Dusun Keduwung, Kecamatan Puspo, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023). "Betul, itu pesawat milik Lanud Abdul Rahman Saleh," ungkapkan Kepala Kepala Penerangan Landasan Udara Abdurrachman Saleh, Mayor (Sus) Muchibin, Kamis.

Tetapi, pihaknya belum memberi info terkait penyebab jatuhnya pesawat. "Tetapi tipe pesawat dan penyebab kecelakaannya belum info resmi dari atasan. Kita tidak berani," secara singkat. Beberapa video yang menunjukkan pesawat jatuh dan kebakar tersebar di sosial media.

Di video yang tersebar, terlihat dalam rekaman video kedengar minta bantuan dan mengatakan titik lokasi. "Tolong, tolong, kendaraan TNI kecelakaan. Lokasi di Watugedeg, di timurnya Dusun Keduwung," ungkapkan masyarakat di video.
LihatTutupKomentar