Presiden Beri Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Pejuang, Berikut Namanya

Presiden Beri Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Pejuang, Berikut Namanya

Presiden Beri Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Pejuang, Berikut Namanya


Marikupas - Di Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November ini, Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional ke 6 tokoh pejuang di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023). Acara ini diadakan selesai Presiden awalnya berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Jumat pagi untuk mengingati Hari Pahlawan 2023.

Penganugerahan gelar itu berdasar Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH-2023 mengenai Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional tertanggal 6 November 2023. Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH-2023 mengenai Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden RI menimbang dan sebagainya, ingat dan sebagainya, memutuskan menetapkan dan sebagainya, kesatu, penganugerahan gelar pahlawan nasional ke mereka yang namanya itu dalam tambahan keputusan ini," kata Sesmilpres Laksamana Muda TNI Hersan membacakan Keputusan Presiden di Istana Negara, Jumat.

Penghargaan ini diberi sebagai penghormatan yang lebih tinggi atas beberapa jasa 6 orang pejuang sepanjang hidupnya. "Yang saat hidupnya sebelumnya pernah pimpin, yang melaksanakan perjuangan membawa senjata, atas perjuangan politik, atau perjuangan pada sektor lain untuk capai, mengambil, menjaga, dan mengisi kemerdekaan dan merealisasikan persatuan dan kesatuan bangsa," terangnya.

Datang pada acara penganugerahan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, sampai Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Berikut daftar enam orang tokoh yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional:

  1. Ida Dewa Agung Jambe dari Bali
  2. Bataha Santiago dari Sulawesi Utara
  3. Mohammad Tabrani dari Jawa Timur
  4. Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah
  5. Kiai Haji Abdul Chalim dari Jawa Barat
  6. Kiai Haji Ahmad Hanafiah dari Lampung
LihatTutupKomentar