8 Cara Agar Tidak Mabuk di Perjalanan Saat Mudik Lebaran 2024

8 Cara Agar Tidak Mabuk di Perjalanan Saat Mudik Lebaran 2024

Cara Agar Tidak Mabuk di Perjalanan Saat Mudik Lebaran


Marikupas - Mudik lebaran menjadi satu diantara aktivitas yang umum dilaksanakan saat tengah menjelang Ramadhan 2024. Momen istimewa ini begitu ditunggu-tunggu kaum muslim untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

Tetapi, perjalanan jauh saat mudik menjadi mimpi buruk untuk kamu yang gampang mabuk. Kamu akan rasakan mual, muntah, dan pusing. Ini bisa mengacaukan kenyamanan dan membuat perjalanan panjang berasa menyiksa.

Jangan panik karena berikut 8 cara efektif untuk mencegah mabuk saat perjalanan mudik lebaran 2024.

Makan Seperlunya


Bila kamu ingin masih tetap berpuasa saat perjalanan mudik lebaran 2024, lebih bagus konsumsi makanan yang tidak terlalu berlebih saat sahur. Pilih makanan yang ringan dan mudah diolah, seperti biskuit, roti, atau buah-buahan.

Jauhi makanan berat dan terlalu berlebih di dalam 2-3 jam saat sebelum berangkat karena bisa mengakibatkan masalah pencernaan dan tingkatkan resiko mabuk perjalanan. Makan seperlunya akan membantu meminimalkan guncangan dalam perut dan kurangi rasa pusing yang mungkin muncul.

Istirahat yang Cukup


Beristirahat cukup penting untuk jaga badan masih tetap segar dan kurangi resiko mabuk perjalanan. Kamu harus memastikan untuk tidur minimum 7-8 jam saat sebelum berangkat. Tetapi, bila waktu istirahat terbatas, kamu dapat tidur sepanjang perjalanan untuk mengubah rasa mual dan pusing.

Minum Obat Anti Mabuk


Bila tanda-tanda mabuk perjalanan masih tetap mengusik, kamu bisa pertimbangkan pemakaian obat anti mabuk. Obat ini bekerja dengan menekan rutinitas sistem saraf pusat yang bertanggung jawab atas rasa mual dan pusing. Tetapi, konsultasikan lebih dulu sama dokter saat sebelum konsumsi obat itu.

Minum Air Putih


Dehidrasi bisa memperparah tanda-tanda mabuk perjalanan karena bisa tingkatkan rasa muntah dan mual. Coba untuk minum air putih yang cukup saat sebelum, selama, dan sesudah perjalanan untuk jaga tubuh masih tetap terhidrasi dan membantu pencernaan masih tetap lancar.

Tentukan Tempat Duduk yang Tepat


Pilih tempat duduk yang dekat sama jendela atau kursi depan kendaraan kamu. Ini bisa membantu jaga keselarasan tubuh dan kurangi kesan mual yang mungkin ada. Disamping itu, pastikan sirkulasi kendaraan masih tetap terbuka supaya angin segar dapat masuk, membantu kurangi rasa mual dan pusing.

Jauhi Kafein dan Alkohol


Mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein atau alkohol seharusnya dijauhi sebelum dan sepanjang perjalanan mudik lebaran 2024, karena keduanya bisa mengakibatkan dehidrasi. Kafein dan alkohol mempunyai dampak diuretik yang bisa tingkatkan produksi urine, menyebabkan dehidrasi, dan jadi memperburuk tanda-tanda mabuk perjalanan.

Jauhi Membaca atau Bermain Hp


Membaca atau bermain hp saat diperjalanan bisa jadi parah tanda-tanda mabuk perjalanan karena mengakibatkan perselisihan sensorik dalam otak. Konsentrasi mata pada obyek yang diam sementara badan rasakan pergerakan kendaraan bisa menimbulkan rasa mual dan pusing. Lebih bagus alihkan perhatian dengan dengarkan musik atau nikmati panorama sekitaran.

Pakai Kacamata Anti Mabuk


Kacamata anti mabuk dengan lensa khusus bisa membantu kurangi stimulasi visual yang terlalu berlebih. Ini bisa membantu otak mengolah informasi visual dengan lebih bagus, kurangi kesan mual, dan jaga keselarasan badan sepanjang perjalanan.
LihatTutupKomentar