7 Jenis Sambal Indonesia Ini Sangat Populer dan Terkenal

7 Jenis Sambal Indonesia Ini Sangat Populer dan Terkenal

7 Jenis Sambal Indonesia Ini Sangat Populer dan Terkenal


Marikupas - Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan kekayaan kulineran yang luar biasa, tidak cuma suguhankan hidangan yang beda, tetapi Indonesia mempunyai sambal yang aneka macam.

Sambal, sebagai saus pedas ciri khas Indonesia, tidak cuma sekedar tambahan, tetapi sebuah sisi yang tidak terpisah dari sejumlah sajian.

Seperti nasi uduk, ayam geprek, lele goreng, tentu disajikan juga dengan sambal. Karena itu, berikut jenis sambal asal Indonesia yang populer dan terkenal paling sering dicari.

Jenis Sambal Asal Indonesia


Sambal Terasi


Sambal terasi, adalah saus pedas yang mempunyai keunikan aroma terasi yang kuat, sudah jadi teman dekat sajian Indonesia.

Dibikin dari kombinasi cabe, terasi, tomat, gula, dan garam yang dimasak lebih dahulu, sambal ini tidak cuma menambahkan kepedasan, tapi juga menghadirkan rasa yang nikmat, khususnya saat dihidangkan dengan ayam goreng.

Sambal Matah


Bermula dari pulau Bali, sambal matah dikenali kesegaran dan kepedasannya yang sesuai.

Dibikin dari potongan bawang merah, cabe rawit, serai, dan jeruk nipis, sambal ini memberi sentuhan segar dan pedas yang tidak terlewatkan.

Pas untuk temani sajian laut, daging panggang, atau saat ini umumnya kerap disajikan ayam crispy.

Sambal Ijo


Sambal ijo dari Padang ada dengan warna hijau yang segar.

Sambal ini dibikin kombinasi cabe hijau, tomat, dan bawang. Untuk pembuatannya nyaris sama dengan sambal terasi, yaitu beberapa bahannya perlu dimasak dahulu baru selanjutnya diulek.

Sambal ini memberi rasa yang pedas ciri khas dengan sentuhan manis, benar-benar cocok untuk temani sajian ikan bakar atau ayam geprek.

Sambal Kecap


Sambal kecap merupakan kombinasi manisnya kecap dengan cabe, tomat, dan bawang merah.

Sebagian orang membuat dengan bawang merah goreng, dan beberapa yang lain cukup hanya dengan potongan bawang merah mentah saja.

Sambal kecap umumnya disajikan bersama sate kambing dan ikan bakar, serta sambal ini sesuai untuk cocolan krupuk.

Sambal Korek


Sambal korek menghadirkan rasa pedas yang segar, karena beberapa bahannya tidak butuh dimasak.

Sambal ini dibuat dari kombinasi cabe, bawang putih, bawang merah, dan tomat yang diulek dengan kasar, hingga membuat rasa yang menonjol dan ciri khas.

Sambal ini sesuai disajikan dengan ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng dan telur dadar.

Sambal Bajak


Sambal ini berasal dari Jawa Timur. Sambal yang beberapa bahannya tidak berbeda jauh dengan sambal terasi, yaitu ulekan dari cabe, bawang merah, bawang putih, terasi, dan yang membandingkannya ialah ditambahi air asam.

Sambal ini pas dengan sajian nasi dan ayam goreng atau ikan goreng kriuk.

Sambal Roa


Sambal Roa adalah saus pedas ciri khas dari Manado, Sulawesi Utara, yang populer dengan keunikannya dalam penyuguhan dan cita rasa yang kaya dan berani.

Nama Roa sendiri mengarah pada jenis ikan laut sebagai bahan khusus dari sambal ini, memberi karakter rasa yang unik dan membedakannya dari sambal-sambal yang lain di Indonesia.

Itu 7 jenis sambal yang populer dan paling terkenal di Indonesia yang bukan hanya menambah enaknya makanan, tapi juga membuat semakin berasa untuk makanan yang hendak disantap.

Tiap sambal pasti mempunyai ciri khas uniknya sendiri, jadi kamu wajib coba beberapa jenis sambal itu agar dapat rasakan cita rasa yang berbeda.
LihatTutupKomentar