Jelang Konser Coldplay, Begini Persiapan GBK

Jelang Konser Coldplay, Begini Persiapan GBK

Jelang Konser Coldplay, Begini Persiapan GBK


Marikupas - Kelompok musik Coldplay siap melangsungkan konser di stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada 15 November 2023 mendatang. Beberapa penyiapan juga sedang dilakukan pihak pengurus GBK untuk menyambut kehadiran Chris Martin dan teman-teman.

Dimulai dari pencabutan bangku sampai sediakan pilihan akses supaya mempermudah jalur penonton yang hadir.

Pengurus GBK Persiapkan Tim Keamanan dan Crowd Control


Analisis Pelayanan Stadion Utama GBK, Muhammad Trinugroho W, pihak pengurus sudah komunikasi dengan pihak pelaksana konser berkaitan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemakaian SUGBK di konser Coldplay. Satu diantaranya, mempersiapkan crowd control atau tim kontrol keramaian untuk kelancaran konser Coldplay yang diselenggarakan di Stadion Utama GBK pada 15 November 2023. Diketahui, diprediksi ada 70.000 pemirsa konser Coldplay yang datang.

"Ada (crowd control) kita telah mempersiapkan. Dari SOP bangunan kami juga ada, venue juga ada SOP yang telah kami sebutkan , dan itu menjadi salah satunya peraturan kami ke event organizer," tutur Trinugroho, di wilayah Senayan, Senin (6/11/2023). Selainnya tim crowd control, pihak pengurus juga mempersiapkan tim keamanannya sepanjang konser Coldplay berlangsung.

Trinugroho menjelaskan, pihak pelaksana telah lakukan evaluasi keamanan saat sebelum konser berlangsung untuk pastikan lokasi venue aman.

"Maka sejak awal kali mereka evaluasi keamanan, itu ada tim keamanan kami , tim pengurus unit ada juga, tim manajemen dari pusat ada juga. Itu kami rapat bareng, survei, saksikan jalur evakuasi bagaimana, area control room di mana, ruangan CCTV di mana," kata Trinugroho. "Terus kelak yang bekerja siapa saja, itu semua sudah kita jalanin tempo hari survey-nya dan telah clear. Perannya ya tentu ada, tim keamanan kita pasti ada peran, khususnya pada bagian luar," lanjut Trinugroho. Trinugroho menjelaskan, akan bekerja sama dengan Polri untuk atur arus lalu lintas.

Coldplay Sewa GBK Selama 13 Hari Untuk Konser di Jakarta


Analisis Pelayanan Stadion Utama GBK, Muhammad Trinugroho W menjelaskan, Coldplay sewa Stadion Utama GBK sampai sekitaran 13 hari. Pada Senin (6/11/2023) ini hari Promotor konser Coldplay Third Eye Management dan PK Entertaiment mulai loading proses barang dan proses pembangunan pentas. "Itu (sewa 13 hari). Dimulai dari tanggal 6 yang bermakna ini hari, 6 November 2023, s/d ada tambahan hari sampai tanggal 18 November 2023. Itu berarti ada sekitaran 3 hari untuk loading, perombakan," tutur Trinugroho, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023). Trinugroho menambah pentas konser Coldplay akan ditempatkan pada bagian Selatan, tempat pintu merah.

"Pentas kita tempo hari sesuai evaluasi yang hendak ditempatkan di Selatan, di depan pintu merah," kata Trinugroho. Trinugroho menjelaskan, pihak GBK telah menyiapkan sisi dalam venue sampai luar menyambut konser Coldplay. Satu diantaranya, dengan melepaskan 3.000 bangku di tempat tribun selatan untuk keadaan darurat. Selanjutnya, area rumput dan jalur lari mulai ditutup grass cover.

Sementara sisi luar stadion akan diubah yang menyambungkan Stadion Madya ke lantai 2 SU GBK. "Untuk segi luar kita ada modifikasi jalur khususnya dari tempat Stadion Madya. Kita punya jalur tertentu. Itu ada rem, dari paritnya Stadion Utama khusus di ring road itu dibuka pagarnya beberapa untuk diberi akses langsung ke selasar lantai 2 di Stadion Utama GBK," tutur Trinugroho.

"Lantas penyiapan jika dari stadion tersebut. Nanti dalam satu minggu ini penutupan rumput. Harinya akan susul," lanjut Trinugroho.
LihatTutupKomentar