Perbedaan Antara Gunung Merapi dan Gunung Marapi di Indonesia

Perbedaan Antara Gunung Merapi dan Gunung Marapi di Indonesia

Perbedaan Antara Gunung Merapi dan Gunung Marapi di Indonesia


Marikupas - Warga dikejuti erupsi Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, pada Minggu (3/12/2023) sore waktu di tempat.

Terjadinya erupsi Gunung Marapi itu dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) Kabupaten Agam, Bambang Wasito.

Berdasar laporan, 11 pendaki meninggal karena erupsi di Gunung Marapi.

Nama Gunung Marapi sendiri mempunyai kesamaan dengan Gunung Merapi yang berada di Wilayah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Mirip tetapi tidak sama, berikut perbedaan Gunung Merapi dan Gunung Marapi, dikumpulkan dari beragam sumber.

Perbedaan Antara Gunung Merapi dan Gunung Marapi


Lokasi Geografis


Gunung Marapi secara administratif berada di daerah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Propinsi Sumatra Barat.

Gunung Marapi diawasi dengan visual dan instrumental dari pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Jalan Prof. Hazairin Nomor 168 Bukittinggi.

Dalam pada itu, Gunung Merapi berada antara Kabupaten Magelang, Sleman dan Boyolali di Jawa Tengah.

Gunung Merapi mempunyai ketinggian 2.930 meter di permukaan laut yang menjadikan gunung paling tinggi di Jawa Tengah sampai menjadi satu diantara gunung api sangat aktif di dunia.

Aktivitas Gunung Api


Sudah diketahui, Gunung Marapi saat ini sedang alami erupsi yang dengan status Tingkat II Siaga, dengan 3 wilayah yang terkena imbas hujan vulkanik tertinggi yaitu Agam, Tanah Datar, dan Bukittinggi.

Gunung Merapi sekarang ini lagi ada dalam tingkat III Waspada. Berarti, ada kenaikan aktivitas berdasar penilaian visual dan instrumental.

Budaya dan Pariwisata


Gunung Marapi adalah salah satunya penyumbang kekayaan budaya di Sumatra Barat. Beberapa tempat bersejarah dan cerita masyarakat erat berkaitan dengan gunung ini.

Pariwisata di lokasi Gunung Marapi makin mengalami perkembangan dengan pendaki dan pengunjung yang cari pengalaman alam unik.

Sementara Gunung Merapi mempunyai nilai budaya yang lebih tinggi untuk warga di tempat. Dipastikan dengan sejumlah tempat di sekeliling gunung yang mempunyai makna mistik dan mitologis dalam keyakinan Jawa.

Baca Juga:

LihatTutupKomentar