18 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Terbaru Pas Untuk Liburan

18 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Terbaru Pas Untuk Liburan

18 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Terbaru Pas Untuk Liburan


Marikupas - Dieng merupakan obyek wisata yang ada di daratan tinggi. Secara administratif, daratan tinggi Dieng berada di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dieng sering disebut sebagai negeri di atas awan. Tempatnya yang ada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), hingga kerap diselimuti awan terutamanya saat pagi dan malam hari.

Ada beberapa obyek wisata di daratan tinggi Dieng, seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, bermacam kulineran, kolam pemandian air hangat, dan yang lain. Maka, Dieng sebagai obyek wisata yang pas untuk dikunjungi saat liburan panjang. Berikut 18 rekomendasi wisata di Dieng yang wajib disinggahi saat berlibur.

18 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Terbaru


Telaga Warna


Obyek wisata Dieng Wonosobo yang cukup terkenal ialah Telaga Warna. Ada di Kejajar, Wonosobo, Telaga Warna merupakan tempat wisata yang menjadi satu diantara destinasi travelling paling favorit. Keunikan dari tempat ini ialah warna airnya yang dapat beralih-alih karena kandungan belerang yang terdapat didalamnya. Dikelilingi dengan alam yang asri, menambahkan keindahan dari pemandangan obyek wisata Dieng satu ini.

Bukit Sikunir


Buat kamu yang telah terlatih mendaki gunung, tentu akan ditantang untuk hadir ke wisata Dieng Wonosobo ini. Karena, bukit Sikunir mempunyai tinggi nyaris 2,300 meter dari permukaan laut/2,300 mdpl, hingga pengunjung yang akan menaiki, harus siap secara fisik.

Saat sebelum sampai ke puncak gunung, pengunjung memang seharusnya telusuri jalan yang cukup naik. Kamu cuma memerlukan waktu 30-60 menit untuk sampai ke situ. Tetapi, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Saat sebelum memilih untuk berwisata ke bukit Sikunir, pastikan cuaca sedang cerah dan jauhi pada saat berawan apalagi yang rawan hujan.

Nampaknya tidak bakal percuma perjuangannya untuk sampai ke puncak sana, sekalinya harus lewat kendala yang susah. Karena, saat sampai ke puncak kamu akan disuguhi keindahan lukisan nyata awan dan gunung yang tampak langsung, seperti Merbabu, Sindoro, Sumbing, bahkan juga gunung Merapi.

Wisata Kawah Sikidang


Jika tempat wisata Dieng Wonosobo yang ini tetap ada di area gunung Prau. Di Kawah Sikidang, kamu akan dibawa untuk nikmati panorama kawah vulaknik. Menariknya, wisata kawah ini masih aktif, di mana uap vulkaniknya bisa dirasa di pagar penyekat dengan udara panasnya, hingga kamu akan rasakan udara panasnya, sekalinya temperatur di situ benar-benar sejuk.

Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung hingga saat ini. Mereka hadir dari beragam kalangan, bahkan juga Kawah Sikidang ini sering dikunjungi oleh wisatawan luar Wonosobo, mereka ingin tahu dengan legenda kawah ini dan asalnya, yang kabarnya terbilang misteri. Saat sebelum kamu sampai ke tujuan, janganlah lupa persiapkan bekal. Khususnya masker, karena berbau belerangnya benar-benar menusuk.

Wisata Gunung Prau


Rasanya kurang pas saat berkunjung ke wisata Dieng Wonosobo tanpa mendatangi gunung Prau. Tetapi, saat sebelum tiba kesini, kamu harus menyiapkan banyak hal, khususnya stamina dan telah terlatih dengan kegiatan pendakian. Karena, ketinggian dari gunung ini melewati bukit Sikunir, yaitu capai 2,600 mdpl di permukaan laut.

Perlu kamu tahu, rupanya gunung Prau sudah memperoleh predikat sebagai gunung paling tinggi yang berada di Dieng. Walau mempunyai ketinggian yang cukup, tetapi jalur pendakiannya benar-benar gampang, hingga kamu dapat cepat sampai ke tujuan, dibanding pendakian gunung lainnya yang membutuhkan begitu banyak waktu. Perkiraan waktu yang diperlukan, pendaki cuma membutuhkan sekitaran 3-4 jam. Di situ, kamu akan disuguhi panorama yang cantik, hingga dapat memberi kenangan manis hingga pengalaman yang seru.

Batu Pandang Ratapan Angin


Bila kamu miliki banyak waktu senggang, dan belum puas nikmati keindahan wisata Dieng Wonosobo, Batu Pandang Ratapan Angin dapat jadi obyek wisatamu selanjutnya. Ada di ketinggian 2,010 mdpl, tempat ini mempunyai batu-batuan pada bagian puncak bukit, di mana kamu dapat nikmati kecantikan alam dari ketinggian sambil nikmati hembusan angin yang disebut bisa menciptakan beberapa suara gemrisik bak siulan.

Telaga Merdada


Walau tidak seterkenal Telaga Warna, wisata Dieng Wonosobo yang ini mempunyai daya tarik tertentu, yang sangat sayang jika dilewati saja. Saat liburan ke wisata Dieng di musim penghujan, kamu akan disuguhi panorama telaga yang dipenuhi air dan perkebunan punya penduduk. Khayalan perdesaan saat kecil akan secara langsung terwujudkan waktu berkunjung ke Telaga Merdada.

Lubang Sewu


Jika kamu mencari tempat travelling yang instagramable, mungkin ini dapat jadi referensi tempat wisata Dieng Wonosobo. Namanya Lubang Sewu, panorama yang dihias batu-batuan alami akan membuat kamu takjub. Lantaran panoramanya tidak kalah dari Gran Canyon di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Bila ingin lihat batu-batuan yang membuat elok seperti pada AS, tentu saja ada waktu khusus buat kamu mendatanginya. Lebih bagus hadirnya ketika musim kemarau, karena air akan menyusut. Dan saat di musim penghujan, walaupun batu-batuan padas tidak terlihat, tetapi pengunjung dapat cari ikan yang mulai ada di sekitar.

Wisata Goa Semar


Dieng Wonosobo rupanya mempunyai wisata rohani juga. Kesempatan ini berupa goa yang namanya Goa Semar. Jika kamu mempunyai keberanian yang lumayan besar, rasanya harus sekali untuk berkunjung ditempat ini. Bila dilihat, situasi Goa Semar ini berasa sunyi, seperti ada di atas bukit tengah rimba, di situ terdapat tempat bertapa beberapa Raja pada jaman dulu.

Lalu, bagaimana asal mula nama Goa Semar ini? Diketahui pada tempat itu ada sebuah patung yang tidak terlalu besar, dengan watak pewayangan Semar. Akhirnya tempat itu dinamakan Goa Semar. Menariknya, Goa itu dahulunya sempat didatangi oleh mantan Presiden Indonesia yakni Soeharto, di mana beliau sempat juga coba meditasi di situ. Untuk kamu yang ingin tahu, dan menyenangi suasana berbau mistik, sebaiknya untuk memasukkan ke dalam daftar tempat berliburmu selanjutnya.

Petak 9 Dieng


Bila ingin tahu bagaimana panorama Telaga Warna saat disaksikan dari kejauhan, kamu dapat berkunjung tempat wisata Dieng Wonosobo yang ini, yakni Petak 9 Dieng. Untuk masuk ke dalam lokasi yang dikenali nama Bukit Sidengkeng ini, kamu perlu membayarnya senilai Rp5,000 saja perorangnya. Harga yang terbilang murah agar dapat nikmati panorama Telaga Warna lebih cantik bukan?

Candi Arjuna


Wisata Dieng Wonosobo banyak memiliki candi bersejarah yang bisa kamu datangi. Salah satunya yang paling populer ialah Candi Arjuna. Candi ini masih aktif untuk tempat melaksanakan ibadah masyarakat sekitaran yang beragama Hindu. Ditambah, saat Hari Raya Galungan, untuk berkunjung tempat ini kamu harus memastikan untuk dalam kedaan bugar dan tidak lemas, ya. Karena Candi Arjuna mempunyai luas capai satu hektar.

Kawah Sileri


Gak kalah dari Kawah Sikidang, wisata Dieng Wonosobo mempunyai Kawah Sileri. Berada di Dusun Kepakisan, kamu dapat singgah menyaksikan Kawah Sileri sambil jalan ke arah pemandian air panas Bitingan untuk istirahat. Walau terhitung lebih aktif dan kerap meledak daripada Kawah Sikidang, tujuan wisata ini masih aman untuk didatangi. Karena itu, janganlah lupa untuk menyempatkan diri sesaat ke Kawah Sileri ini.

Telaga Dringo


Tempat wisata Dieng Wonosobo selanjutnya ada Telaga Dringo. Tempat wisata yang ini tidak begitu penuh oleh pengunjung, hingga saat pas untukmu yang tidak sukai keramaian. Telaga ini dapat dijangkau sesudah lewat Kawah Candradimuka. Lokasinya ada di jalur ke arah Kabupaten Batang.

Curug Winong


Tujuan air terjun yang ada di lokasi Dieng selanjutnya ialah Curug Winong. Air di curug itu mengucur deras menyusuri tebing dengan kemiringan sekitaran 70 derajat dari ketinggian 70 meter. Obyek wisata yang ada di Dusun Temanggung ini menjadi satu diantara tujuan travelling paling disukai. Karena pada tempat ini bukan hanya beri kesegaran, tetapi juga ada beberapa spot foto yang bagus sekali.

Air Terjun Sikarim


Salah satunya daya tarik wisata yang ditawari oleh Dieng yaitu keindahan air terjun atau curug yang dapat kamu temui di lokasi ini. Satu diantaranya ialah Curug Sikarim. Obyek wisata yang berada di Sembangun ini dikelilingi oleh bukit-bukit berselimut pohon-pohonan teduh yang demikian asri. Ditambahkan aliran air yang jernih, menambahkan atmosfer beri kesegaran dari tempat wisata ini.

Air Terjun Sirawe


Disamping air terjun Sikarim, masih ada juga air terjun Sirawe yang mengucur deras dari ketinggian sekitaran 80 meter. Berbingkai tebing curam dan hijaunya pohon-pohonan menambahkan eksotisme yang ditawari oleh tujuan tempat wisata alam di Dieng satu ini. Tidak cuma kecantikan panoramanya, hal unik yang ditawari oleh curug Sirawe ialah fenomena gabungan aliran air dingin dan air panas yang terjadi dengan alami di air terjun ini.

Dieng Plateau Theater


Dieng Plateau Theater adalah sebuah bangunan yang istimewa. Bangunan itu ada di kawasan wisata Dieng dan menjadi satu diantara obyek wisata eduksi yang menarik. Pada tempat ini kamu dapat melihat pemutaran film dokumenter tentang Dieng Plateau. Jika suka berpetualang telusuri eksotisme alam di Dieng, maka tempat wisata Dieng Plateau Theater dapat menjadi salah satunya tujuan liburan yang wajib kamu datangi selanjutnya.

Sumur Jatulanda


Agar dapat nikmati keindahan dari Sumur Jatulanda, minimal ada banyak hal yang perlu kamu siapkan. Dimulai dari fisik sampai stamina yang sempurna. Karena, untuk sampai di situ, kamu harus menaiki sedikitnya 257 anak tangga. Obyek wisata Dieng yang ada di Dusun Pekasiran ini, tercipta dari ceruk rekahan kawah yang tergenangi air, Sumur Jatulandan berdiameter 90 meter dan kedalaman capai 200 meter.

Telaga Cebong


Pilihan tujuan wisata Dieng Wonosobo selanjutnya yaitu Telaga Cebong yang ada di Dusun Sembungan yang berada tidak jauh dari Bukit Sikunir. Ada di ketinggian 2,300 meter di permukaan air laut, obyek wisata Dieng ini sering disebut sebagai Telaga di Atas Awan. Keindahan alam di area tempat wisata Dieng satu ini ditambahkan oleh perkebunan penduduk setempat di sekitar Telaga yang menambahkan kaya pemandangan alam yang ditawari oleh Telaga Cebong.

Tips Liburan Wisata ke Dieng Wonosobo


Saat ada di daratan tinggi seperti pada tempat wisata Dieng Wonosobo, kamu dianjurkan untuk bawa baju hangat dan sepatu gunung supaya aman serta nyaman. Untuk kamu yang domisili di Jakarta, kamu dapat memanfaatkan transportasi bus ke Wonosobo dengan biaya sekitar 85 ribu sampai 200 ribu rupiah. Disamping itu, janganlah lupa mencari paket wisata Dieng Wonosobo yang relatif murah juga.

Buat menekan bugdet travelling, gunakan promo penginapan di website perjalanan dan cari yang sama sesuai isi dompet. Dengan demikian, mimpi liburan murah di wisata Dieng Wonosobo dapat kamu peroleh tanpa perlu takut mengacau situasi keuangan.

Dengan adanya banyak alternatif tempat wisata di Dieng, tidaklah aneh rasanya apabila daratan tinggi Dieng menjadi satu diantara tujuan travelling favorit bagi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.
LihatTutupKomentar