Solusi Tips Agar Tidak Terjerat Utang di Pinjol Ilegal

Solusi Tips Agar Tidak Terjerat Utang di Pinjol Ilegal

Solusi Tips Agar Tidak Terjerat Utang di Pinjol Ilegal


Marikupas - Pinjaman online alias pinjol sudah menelan korban jiwa. Masalahnya korban menyudahi hidupnya diperkira karena tidak mampu bayar tunggakan yang banyaknya dua kali lipat sampai mendapat ancaman dari pinjol.

Ramainya pinjaman online sekarang ini, kerap kali jadi jalan cepat untuk mereka yang tertekan dengan keadaan ekonominya. Apalagi, cukup banyak pinjol yang tawarkan kemudahan saat memperoleh pinjaman. Cuma dengan modal KTP saja, uang pinjaman, bisa langsung dicairkan.

Kemudahan ini sering membuat beberapa orang terbuai sampai terjebak, tidak dapat terlepas dari jeratan, sampai pada akhirnya gali lubang tutup lubang untuk membayar hutangnya itu. Tentu saja kamu tidak mau ini terjadi dalam diri kamu , kan? Berikut sejumlah panduan supaya kamu tidak terjerat pinjaman online.

Tips Supaya Tidak Terjerat Utang di Pinjol Ilegal


Membuat Rencana Keuangan yang Baik


Tiap permasalahan keuangan, beberapa dikarenakan oleh minimnya rencana yang bagus. Walau sebenarnya, rencana keuangan ini penting. Mulai sekarang ini, coba untuk membikin rencana keuangan, dengan membagi secara pas dan detil jumlah pendapatan dan keperluan, hingga pengeluaran jadi lebih teratur.

Rencana keuangan ini, dapat diawali dengan membuat rencana anggaran, membuat catatan keuangan, menyisihkan uang untuk dana darurat dan menabung, bahkan juga keperluan untuk investasi.

Tambahkan Literatur Keuangan


Kita perlu tahu bagaimana langkahnya untuk mengurus keuangan secara baik dan bijak. Tetapi bukan sekedar ketahui saja, tapi juga harus menginplementasikannya di kehidupan setiap hari. Pada tingkat literatur keuangan yang mumpuni, membuat kita bisa lebih pahami mana keinginan dan keperluan, hingga sanggup memutuskan dan pilih mana fokus untuk diri kita.

Mengatur Sesuai Rasio Prioritas


Atur rasio prioritas jadi bagian penting yang jangan sampai terlewatkan. Biasakan untuk belanjakan uang berdasar rasio prioritas yang dibentuk sebelumnya. Caranya dengan menyusun apa yang kamu perlukan dibanding harapkan.

Contoh keperluan, seperti uang makan, sewa rumah, ongkos transportasi, listrik, dan lain-lain. Beberapa hal itu harus jadi fokus utama dan ada di daftar paling atas, sementara itu biaya untuk staycation, menonton konser, atau skincare akan ada di bawahnya.

Pilih Produk Investasi dan Tabungan Dengan Benar


Penting buat kita untuk lakukan investasi sejak awal. Selainnya untuk percepat finansial freedom, kita pun tidak tahu apakah yang terjadi kedepannya, baik itu inflasi atau hal buruk lainnya yang tidak kita harapkan, hingga investasi jadi penting.

Tetapi, saat sebelum lakukan investasi, kamu harus tahu dahulu pengetahuan dan dampak negatifnya, bukan sekedar ikutan saja. Apalagi, investasi banyak memiliki bentuk, dimulai dari emas, saham, sampai reksadana. kamu harus memastikan untuk pilih investasi yang tepat.

Jangan FOMO


Untuk generasi muda, jauhilah FOMO alias perasaan takut ketinggalan akan trend modern. Karena ini bisa jadi mengakibatkan kamu terjerat pinjol ilegal. Karena, cukup banyak anak muda yang teperdaya. Contohnya, saat ada konser yang membuat ingin sekali menontonnya.

Walau sebenarnya mereka tidak mempunyai uang dan berbuntut pilih pinjol ilegal sebagai jalan keluar. Apalagi, dengan kemudahan persyaratan untuk pinjam, membuat mereka tidak berpikiran panjang imbas yang akan datang. Keputusan itu diambil cuma takut ketinggalan.

Pinjamlah Cuma untuk Keperluan yang Produktif Bukan Konsumtif


Ketahui terlebih dulu bagaimana keadaan keuangan kita, hingga kita bisa putuskan apa sebuah cara yang pas bila kita pinjam uang. Sebetulnya pinjam uang bukanlah hal yang keliru, saat lagi masih pada batasan kapabilitas kita.

Disamping itu seharusnya utang itu dipakai untuk hal yang sifatnya produktif, sebagaimana untuk modal usaha atau beli perlengkapan untuk usaha, dan lain-lain. Bukan dipakai untuk hal yang sifatnya konsumtif seperti berlibur, menonton konser dan lain-lain.

Jauhi Gali Lubang Tutup Lubang


Saat kamu mempunyai hutang, jauhi melunasinya dengan hutang yang lain. Karena ini tidak menuntaskan permasalahan, justru membuat kamu terjebak di pergerakan hutang tersebut. Maka, kamu harus memastikan untuk mengutamakan bayar hutang yang ada saat mendapat penghasilan.

Lakukan pinjaman bukan hal yang dilarang selama itu untuk hal yang produktif dan dapat dikendalikan dengan baik. Tetapi akan lebih bagus bila kita dapat mengelola keuangan kita secara baik hingga tidak butuh untuk lakukan pinjaman, apalagi terjerat dalam lingkaran pinjol ilegal.

LihatTutupKomentar