8 Cara Mudah Bersihkan RAM PC Laptop yang Penuh

8 Cara Mudah Bersihkan RAM PC Laptop yang Penuh

8 Cara Mudah Bersihkan RAM PC Laptop yang Penuh


Marikupas - Masuk awalan tahun 2023, waktunya untuk beres-beres isi pc laptop kamu yang telah penuh. Cara bersihkan RAM pc laptop yang penuh di Windows 7/8/10 semestinya kamu ketahui, karena kadangkala RAM yang sesak menjadi satu diantara pemicu khusus laptop jadi lambat.

Sudah pernahkah kamu kepanikan saat laptop dengan memori hardisk yang luas, processor bagus, GPU yang mempunyai tenaga, tetapi laptop tetap lamban? Well, bisa jadi penyebab intinya ialah RAM yang kepenuhan.

Pemicu RAM penuh umumnya karena banyak aplikasi yang aktif di latar belakang laptop kamu. Tidak cuma program yang tampil di monitor, tetapi program yang jalan berada di belakang monitor alias latar belakang seperti anti virus, update OS, driver, bahkan malware yang masih belum terdeteksi.

Cara terbaik untuk membuat laptop lancar dengan bersihkan RAM pc laptop yang penuh di Windows 7/8/10. Berikut tutorial selengkapnya.

Cara Bersihkan RAM PC Laptop yang Penuh


Restart PC Laptop


Cara pertama paling umum untuk kosongkan RAM di Windows 7/8/10 ialah restart pc laptop kamu. Dengan cara ini, automatis mekanisme akan atur ulang semua program yang jalan dan bersihkan memori RAM di perangkat.

Namun, cara bersihkan RAM pc laptop Windows 7/8/10 ini cuma berlaku sementara saja. Karena, program yang jalan automatis di latar belakang umumnya akan aktif kembali dan jadi pemicu RAM pc laptop penuh, hingga membuat lambat.

Baca Juga:


Di Windows 7/8/10, untuk restart pc laptop cukup dengan pencet tombol Windows, pada menu Power, dan pilih Restart.

Matikan Proses di Task Manager


RAM pc laptop masih terasa lambat? Cara selanjutnya untuk bersihkan RAM yang penuh di pc laptop Windows 7/8/10 dengan mematikan proses atau program di Task Manager. Program ini akan tampilkan aplikasi atau program apa yang menguras pemakaian RAM.

Untuk membuka, pencet tombol Ctrl + Shift + Esc di keyboard. Pencet pada bagian Memori untuk mengurutkan aplikasi atau program apa yang mengonsumsi RAM paling besar di pc laptop kamu.

Bila dirasakan program itu tidak dibutuhkan oleh kamu dan justru memberatkan performa laptop, klik kanan pada program dan pencet End Process untuk mematikannya selekasnya.

Oiya, jika kamu ingin tahu dengan diagram performa perangkat, masuk pada menu Performance. Pencet di setiap menunya untuk lihat grafis kinerja secara real-time.

Uninstall Program Tidak Bermanfaat


Selanjutnya, kamu dapat hapus program tidak bermanfaat yang mengonsumsi banyak RAM di pc laptop Windows 7/8/10. Tidak hanya memberatkan RAM, program tipe ini umumnya jadi beban untuk memori penyimpanan perangkat dan membuat performa pc laptop turun.

Bersihkan RAM yang penuh di pc laptop dengan cara hapus program di Windows 7/8/10 sangat gampang. Klik saja pada tombol Start dan mencari program yang ingin kamu hapus.

Jika berjumpa, klik kanan dan pencet Uninstall. Automatis, kamu akan ditujukan ke Programs and Features. Pastikan program yang ingin dihapus ada di sini. Selanjutnya, pencet tombol Uninstall untuk menghapusnya dengan keseluruhan.

Disable Program Berjalan pada Startup


Balik lagi ke Task Manager, jika program yang kamu hentikan prosesnya masih jalan automatis sesudah kamu restart pc laptop, cara efektif selanjutnya untuk bersihkan RAM pc laptop yang penuh di Windows 7/8/10 dengan disable program jalan automatis.

Pencet tombol Ctrl + Shift + Esc, lantas masuk pada menu Startup. Pencet di bagian Status untuk mengurutkan program apa yang jalan automatis saat laptop menyala.

Klik kanan pada aplikasi atau program tidak bermanfaat, lantas pencet tombol Disable. Dijamin, program itu tidak lagi jalan dengan automatis saat kamu menghidupkan pc laptop. Cara ini cukup efektif untuk kosongkan RAM yang penuh.

Gunakan Program yang Ringan


Coba untuk memakai program yang ringan dan tidak memerlukan RAM yang lebih besar. Contohnya saja editing foto, jika merasa photoshop berat, kamu bisa menggunakan program alternatif Photoshop lebih kecil dan ringan.

Contoh masalah yang lain, saat kamu merasakan browser Google Chrome berat, kamu bisa manfaatkan program browser terbaik yang lain sebagai pilihan, seperti Opera, Microsoft Edge, dan lain-lain.

Tambah Memory Virtual


Menambahkan memory virtual dapat menjadi satu diantara cara supaya pc laptop bisa jalan lebih lancar. Menambahkan memory virtual bisa disebut sebagai pendamping dari cara untuk bersihkan RAM yang penuh di pc laptop Windows 7/8/10, hingga perangkat dapat semakin lincah dari sebelumnya.

Untuk tingkatkan memory dengan virtual, masuk ke dalam Control Panel dan alihkan kategorinya ke Small Icons. Lantas, pencet tombol System untuk tampilkan jendela yang baru.

Kemudian, klik Advanced System Settings di samping kiri untuk tampilkan System Properties dan pencet Settings pada bagian Performance.

Masuk ke dalam Advanced, lantas pencet Change. Umumnya, mekanisme operasi Windows atur dengan automatis besaran memory virtualnya.

Tetapi, kamu dapat menyesuaikan secara manual dengan uncheck Automatically manage paging file size for all drives dan mengendalikannya sama sesuai keperluan. Janganlah lupa pencet Ok untuk mengaplikasikannya.

Scan Virus dengan Windows Defender


Pemicu RAM pc laptop yang penuh satu diantaranya ialah malware dan virus yang tidak teridentifikasi. Kami anjurkan, kamu memakai program anti virus bawaan Windows Defender untuk amankan perangkat kamu.

Tetapi awalnya, update lebih dulu program anti virus itu untuk menambahkan database malware dan virus ke mekanisme supaya gampang diketahui. Apabila sudah, pencet tombol Full Scan untuk scan semua file, aplikasi, program, dan lain-lain di mekanisme operasi.

Proses ini memakai begitu banyak waktu, tetapi efektif untuk temukan malware dan virus yang tersembunyi dalam mekanisme. Sesudah proses pemindaian usai, hapus malware yang teridentifikasi.

Pasang RAM Tambahan


Jika cara untuk bersihkan RAM pc laptop yang penuh di Windows 7/8/10 awalnya masih tetap kurang efektif, salah satu cara ialah kamu harus pasang atau tambah RAM lebih besar.

Cara ini tidak gampang dan cukup mahal , tetapi tentu berpengaruh secara langsung pada performa pc laptop kamu. Saat sebelum kamu beli RAM, kamu harus memastikan untuk memeriksa tipe RAM yang cocok dengan pc laptop kamu.

Jika kamu tidak mempunyai pengalaman dan untuk menghindari hal yang tidak diharapkan, kamu juga dapat berkunjung ke tempat service pc laptop untuk memasangkan RAM yang telah kamu beli.

Itulah variasi cara terbaik untuk kosongkan ruangan RAM yang penuh di pc laptop berbasiskan Windows 7/8/10.
LihatTutupKomentar