5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi di Android dan iPhone

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi di Android dan iPhone

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi di Android dan iPhone


Marikupas - Internet yang lamban di HP Android atau iPhone tentunya membuat jengkel karena bisa menghalangi pekerjaan kamu. Untuk menanganinya, kamu dapat mengaplikasikan cara-cara mempercepat koneksi internet wifi di Android dan iPhone.

Akses internet sendiri dibutuhkan untuk jalankan beragam program pada Android dan iPhone kamu. Dengan koneksi internet yang cepat, hal tersebut akan membuat kamu lebih gampang saat memanfaatkan beragam program itu.

Salah satunya pemicu koneksi internet wifi di Android atau iPhone lamban ialah karena mekanisme handphone yang memiliki masalah. Pemicu yang lain, dapat menjadi lantaran jaringan provider tidak bisa mencapai daerah kamu. Untuk menanganinya, baca cara-cara mempercepat koneksi internet wifi di Android dan iPhone di bawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi di Android


Reset Pengaturan Jaringan


Dilansir dari Business Insider cara pertama kali yang bisa kamu lakukan dengan melaksanakan reset pengaturan jaringan. Dengan langkah ini, kamu tidak butuh panik handphone ikut ter-reset hingga tidak hapus semua data yang ada di HP.

Caranya dengan membuka pengaturan di handphone. Lantas tentukan 'system' atau 'general management' bergantung pada mekanisme operasi yang dipakai. Selanjutnya tentukan 'reset' atau 'reset options'. Kemudian tentukan 'reset network settings'.

Nanti perangkat kamu akan lakukan restart dengan automatis. Saat handphone sudah menyala lagi, setting jaringan sudah ter-reset.

Hapus Program dan Widget Tidak Dipakai


Program dan widget yang menumpuk dan tidak dipakai bisa mempengaruhi akses internet di ponsel Android, karena masih tetap bisa jalan berada di belakang layar walau tidak dipakai dan tentu saja mengonsumsi jaringan internet.

Oleh karenanya, kamu harus hapus atau disable program dan widget yang tidak dipakai untuk mempercepat koneksi internet.

Matikan Tethering atau Hotspot


Akses internet yang mendadak turun bisa disebabkan karena pemakaian tethering atau hotspot. Ini bisa membuat kecepatan internet kamu turun drastis.

Kamu harus memastikan untuk tak lupa mematikan tethering jika tidak dipakai. Masalahnya beberapa orang yang sering lupa mematikan tethering sesudah memakainya dan hal tersebut bisa membuat sejumlah perangkat memakai akses internet kamu.

Membersihkan Cache


Dikutip dari website hindustantimes, cache tidak cuma dapat penuhi penyimpanan ponsel tapi juga bisa membuat akses internet menjadi lambat.

Janganlah lupa untuk selalu bersihkan cache supaya performa ponsel lebih bagus dan akses internet di ponsel bisa lebih cepat.

Matikan Pembaruan Aplikasi Automatis


Jika kamu aktifkan pembaruan atau update aplikasi dengan automatis, hal ini bisa kurangi kecepatan jaringan ponsel Android. Ditambah, ada beberapa aplikasi yang automatis minta update.

Untuk menanganinya, matikan pembaruan automatis dan mengupdate aplikasi dengan manual. Kamu dapat memeriksa aplikasi yang penting untuk diperbaharui supaya koneksi internet tidak dihabiskan untuk seluruh pembaruan yang ada.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi di iPhone


Restart Router


Ya, mungkin kamu telah suntuk dengar perintah ini. Lebih-lebih lagi bila kamu kerap mengontak layanan konsumen gara-gara koneksi internet yang sering error. Karena, hal pertama yang hendak mereka minta yaitu supaya kamu me-restart router.

Tetapi, saat akses internet buruk, cara ini ialah yang paling efektif. Sebab bisa membuat jaringan internet router lebih fresh dan bersihkan beragam masalah yang dirasakan.

Lepas atau Mengganti Case iPhone


Beberapa material yang digunakan untuk membikin case iPhone umumnya tidak akan mengacaukan jaringan internet. Tetapi, ada pula sejumlah case yang dapat mempengaruhi sinyal pada koneksi jaringan. Terlebih bila case yang kamu pakai dibuat dari material logam.

Logam benar-benar mengganggu transmisi koneksi jaringan dari antena yang umumnya berada pada bagian atas handphone kamu. Karena itu, bila kamu tetap memakai case dengan material metal, coba untuk melepaskannya sebentar. Lantas, perhatikan perbedaan kecepatan koneksi internet saat itu juga.

Hapus Aplikasi Dengan Konsumsi Internet yang Berat


Mendownload, streaming, dan beberapa macam aplikasi dapat mengganggu kinerja koneksi internet pada handphone. Karena itu, seharusnya kamu periksa layanan yang memerlukan akses internet terbesar. Hingga, kamu dapat ketahui pemicu lambannya koneksi internet pada handphone.

Untuk memeriksa pemakaian data internet dari hp iPhone tidak susah. Pertama, kamu hanya perlu buka program Pengaturan lantas ketuk menu Mobile Data. Seterusnya, pada layar untuk temukan aplikasi yang konsumsi data internet terbesar.

Kemudian, matikan pembaruan dari aplikasi yang konsumsi data tinggi untuk kurangi bandwith di latar belakang. Caranya dengan geser toogle yang berada dari sisi program itu.

Pakai iOS Versi Terkini


Ya, handphone yang tetap jalankan iOS versi lama bisa juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Masalahnya perusahaan selalu menambah pembaruan bug dan penambahan layanan pada iOS versi terkini. Termasuk di dalam pembaruan jaringan internet.

Untuk mengupdate iOS pada iPhone langkahnya gampang. Membuka program Setting, selanjutnya ketuk menu General. Kemudian, ketuk menu Software Update. Bila didalamnya kamu temukan status pembaruan versi iOS, karena itu selekasnya pasang.

FAQ


Kenapa internet di iPhone lambat?


Faktor yang menyebabkan sinyal iPhone lemah di antaranya adalah cuaca, jaringan lokasi, masalah pada provider, masalah pada iOS, atau kerusakan pada komponen perangkat.

Bagaimana cara agar koneksi internet lebih cepat?


Beberapa cara yang bisa membantu kamu dalam mengatasi agar koneksi internet lebih cepat, seperti:

  1. Bersihkan cache secara rutin
  2. Restart HP
  3. Hapus perangkat lunak yang sporadis dipakai
  4. Update sistem
  5. Periksa jaringan internet
  6. Hentikan tethering

Bagaimana cara menambah kecepatan wifi?


Simak cara untuk menambah kecepatan koneksi internet pada wifi berikut ini:

  1. Letakkan router di tempat terbuka
  2. Gunakan teknologi Wifi saat ini
  3. Batasi perangkat dan optimalkan pengaturan
  4. Gunakan range extender nirkabel
  5. Menambahkan titik akses
LihatTutupKomentar