Cara Mudah Membuat Visa Dengan Cepat Lengkap Persyaratan

Cara Mudah Membuat Visa Dengan Cepat Lengkap Persyaratan

Cara Mudah Membuat Visa Dengan Cepat Lengkap Persyaratan


Marikupas - Di dunia kekinian seperti saat ini, tiap orang mempunyai akses untuk berpergian ke luar negeri lebih gampang dibanding masa dulu. Hal itu dikarenakan lantaran perkembangan transportasi udara, walau mengocek ongkos yang cukup banyak, masih tetap tersedia dan bisa digunakan oleh seluruh orang.

Melalui kemudahan itu, berbagai kegiatan yang menyertakan dunia global seperti pendidikan, bisnis, liburan, sampai beribadah akan makin menggeliat dari hari ke hari. Tetapi, perlu dicatat kalau untuk dapat berpergian ke luar negeri, kamu harus memiliki sejumlah dokumen tertentu sebagai syaratnya, satu diantaranya ialah visa.

Pembahasan kali ini akan memberikan keterangan terkait cara membuat visa, lengkap dengan persyaratan pembuatannya. Saat sebelum lakukan pengajuan untuk membuat visa, kamu harus mempersiapkan sejumlah dokumen berikut ini:

  1. Paspor
  2. Formulir permohonan aplikasi
  3. Pas foto (sesuai format dan ukurannya yang disuruh Kedubes yang berkaitan)
  4. Surat sponsor atau surat keterangan kerja atau surat keterangan belajar
  5. Bukti keuangan selama 3 bulan terakhir dan fotokopi
  6. Fotokopi KTP
  7. Fotokopi KK
  8. Jadwal perjalanan (itinerary)
  9. Bukti pemesanan tiket atau tiket pesawat

Sesudah pastikan jika sejumlah dokumen di atas sudah siap, cara yang harus dilaksanakan untuk membuat visa adalah seperti berikut:

Lakukan Registrasi dan Booking Jadwal Wawancara Serta Verifikasi Dokumen


Cara membuat visa lebih mudah dengan teknologi online sekarang ini. Datangi situs Kedutaan Besar (Kedubes) negara tujuan untuk memperoleh informasi terkini dan mengambil dokumen yang diperlukan. Dari sana, pemohon akan ditujukan untuk ke arah web organisasi yang dipilih untuk isi data diri dan booking jadwal verifikasi.

Pernyataan mengenai dimana dan kapan waktu wawancara atau verifikasi akan didapat lewat email. Untuk sejumlah negara, pemohon akan disuruh membayar terlebih dulu saat sebelum pilih jadwal wawancara atau verifikasi. Pembayaran dapat lewat online atau bank. Sesudah bayar, lanjutkan proses registrasi di akun yang dipilih Kedubes barusan.

Saat pilih waktu untuk verifikasi wawancara atau verifikasi dokumen, pemohon akan disuruh memasukkan nomor slip pembayaran. Walau tidak seluruhnya negara mengharuskan proses wawancara, tapi tentu dilaksanakan proses verifikasi dokumen.

Mempersiapkan Dokumen


Untuk pembuatan visa, pemohon harus mempersiapkan beberapa dokumen, diantaranya:

Paspor


Paspor merupakan persyaratan mutlak untuk ajukan aplikasi visa. Karena visa yang berbentuk stempel atau stiker akan ditempel di paspor. Dalam visa akan disebut nomor paspor. Paspor yang diajukan harus dalam status aktif dan dapat dipakai.

Pastikan paspor masih aktif. Terhitung 6 bulan sebelum saat kedaluwarsa, paspor telah terhitung tidak aktif dan kemungkinan akan memunculkan permasalahan pada pihak Imigrasi. Selekasnya memperpanjang paspor.

KTP


Persiapkan KTP yang tetap berlaku. Jika e-KTP pemohon belum jadi, dapat memakai resi KTP sementara ditambahkan surat keterangan domisili.

Formulir Permohonan


Saat sebelum mengunjungi Kedutaan Besar untuk memohon visa, pemohon harus mengambil terlebih dulu formulir aplikasi permohonan visa di web resmi masing-masing Kedubes. Tanpa formulir ini, pemohon tidak dilayani. Isi formulir dengan teliti. Terdapatnya coretan karena kesalahan bisa mengakibatkan permintaan visa ditolak.

Foto


Tiap negara mempunyai ketentuan berbeda untuk format foto yang dipakai. Periksa web resmi Kedubes negara tujuan. Di dalam website resmi umumnya memberitahukan mengenai ukuran, latar belakang sampai posisi yang benar untuk foto. Bahkan juga ada negara yang menyertakan hasil contoh foto yang berlaku.

Gunakanlah baju formal dan upayakan berkerah. Untuk yang memakai hijab, tidak harus melepaskan dengan persyaratan hijab rapi dan wajah kelihatan jelas. Sementara itu untuk yang memakai kacamata, ada negara yang tidak mengizinkan foto memakai kacamata untuk foto permohonan visa. Seharusnya siapkan hasil foto di dalam 2 bentuk yakni soft file dan buat hard file.

Bukti Pembayaran Visa


Dokumen ini cuma berlaku untuk negara yang mengharuskan pembayaran di muka seperti Amerika Serikat. Cara membuat visa setiap negara berbeda, hingga di sejumlah negara, mungkin ada yang tidak minta untuk menyertakan bukti pembayaran visa.

Surat Keterangan Sponsor


Pemohon yang mempunyai rekomendasi jelas akan punya peluang semakin lebih besar permohonan visanya akan disetujui. Surat keterangan sponsor ini dapat berbentuk surat referensi atau surat undangan dari pihak yang ada di luar negeri. Walaupun tujuan yang diajukan memiliki sifat individu, contoh kunjungan keluarga, surat undangan masih tetap diperlukan untuk membuat lancar proses permohonan visa.

Surat Keterangan Kerja atau Belajar


Pencantuman surat keterangan kerja umumnya untuk pemohon yang ajukan kunjungan sesaat. Ini sebagai bukti jika pemohon tidak akan menggelandang mencari kerja di negara tujuan. Untuk Surat Keterangan Belajar umumnya dipakai untuk program transisi siswa atau beasiswa. Pemohon dapat menyertakan surat referensi dari kampus di Indonesia atau di negara tujuan. Masukkan fotokopi kartu mahasiswa.

Dokumen Keuangan


Dokumen keuangan dapat berbentuk slip gaji atau rekening koran atau tabungan. Dokumen keuangan kerap diminta oleh sejumlah negara sebagai salah satunya tambahan aplikasi permohonan. Maksudnya untuk menunjukkan jika pemohon mempunyai pendapatan hingga perjalanan di negara tujuan terjamin.

Pemohon tidak ada kapabilitas keuangan yang ideal dikhawatirkan tidak sanggup hidup layak di negara tujuan. Hingga kemungkinan bisa menjadi gelandangan dan menjadi beban di negara tujuan.

Jadwal Perjalanan dan Tiket Pesawat


Pemohon seharusnya membuat jadwal semua aktivitas di negara tujuan. Formatnya mengikuti contoh di web Kedubes yang berkaitan. Lewat jadwal aktivitas ini, kewenangan negara tujuan akan pertimbangkan lama waktunya durasi tinggal yang hendak diberikan ke pemohon.

Untuk sejumlah negara ada yang minta bukti perjalanan berbentuk tiket pesawat pulang-pergi (PP) supaya lebih pasti dan jelas kapan pemohon keluar dan masuk dari negara tujuan. Tetapi tidak semua jenis dokumen ini menggunakan syarat ini.

Surat Keterangan Kesehatan


Bila pada sebuah negara terjadi penyebaran pandemi, kemungkinan Kedubes negara itu akan menambah persyaratan ini. Bikin dan aturlah beberapa surat kelengkapan itu berdasar ukuran kertas dan formasi seperti yang diminta pihak kedubes. Jangan ditekuk dan jangan distaples.

Penyerahan Dokumen dan Wawancara


Membawa semua dokumen sebagai syarat ke lokasi yang diminta. Lokasi verifikasi ada yang sudah dilakukan kantor Kedubes negara (baik regional atau nasional) ada yang tidak. Pemohon seharusnya tiba pagi untuk menghindar dari antrian panjang. Selalu cadangkan tiap dokumen dengan memfotokopi. Sesudah mengantri, karena itu dokumen pemohon akan diperiksa oleh petugas.

Jika sudah lengkap, maka diminta bayar ongkos membuat visa. Pembayaran ongkos membuat visa cuman satu kali. Maka jika pemohon telah disuruh bayar pada awal (saat register data di akun yang dipilih) jadi tidak perlu bayar lagi di tahapan penyerahan ini. Untuk sejumlah negara, pemohon akan diwawancarai soal tujuan berkunjung ke negara tujuan.

Proses Pengambilan


Pengambilan dokumen tidak dilaksanakan dalam satu hari. Pemohon akan disuruh menanti sekian hari sesudah penyerahan dokumen. Nanti, pemohon akan mendapatkan informasi lewat sms atau email soal perubahan proses pengajuan aplikasi visa.

Untuk tipe visa yang ditempel di paspor, sepanjang proses pengajuan, paspor asli jangan dibawa pulang hingga pemohon tidak dapat lakukan perjalanan ke negara mana saja bahkan juga ke negara bebas visa. Sesudah mendapatkan pemberitahuan persetujuan, pemohon tiba ke kantor yang dipilih untuk ambil visa jika dokumen ini dikeluarkan berbentuk hard copy.

LihatTutupKomentar