Tips Baca Doa Malam Isra Miraj dan Cara Mengamalkan Doa Malam Isra Miraj

Tips Baca Doa Malam Isra Miraj dan Cara Mengamalkan Doa Malam Isra Miraj

Tips Baca Doa Malam Isra Miraj dan Cara Mengamalkan Doa Malam Isra Miraj


Marikupas - Saat malam Isra Miraj yaitu 27 Rajab, umat Islam dapat mengamalkan doa yang mempunyai keistimewaan yang lebih besar. Berikut amalan doa malam Isra Miraj. Peringatan Isra Miraj adalah momen penting dan bersejarah untuk umat Islam.

Peringatan Isra Miraj tahun ini akan jatuh bertepatan pada Kamis, 8 Februari 2024. Umat Muslim disarankan untuk memperingatinya dengan perbanyak ibadah doa, zikir, sholat sunah dan lain-lain. Doa ini dipanjatkan hanya untuk mengharapkan rida Allah SWT dan meminta pelindungan sepanjang hidup di dunia dan nantinya saat di akhirat.

Menurut Syekh Abdurrahman bin Abdussalam as-Syafi'i dalam salah satunya kitabnya, Nuzhatul Majalis wa Muntakhabun Nafaiz, menerangkan doa yang dapat dipanjatkan di waktu malam Isra Miraj.

Dia menjelaskan jika siapa pun yang membacanya di tanggal 27 Rajab, selanjutnya mengatakan hajatnya ke Allah SWT, maka direstui semua hajatnya, melapangkan masalahnya, dan hidupkan hatinya saat hati-hati manusia mulai mati.

Bacaan Doa Malam Isra Miraj


اللهم إِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ أَنْ تَرْحَمَ قَلْبِيَ الْحَزِيْنَ وَتُجِيْبَ دَعْوَتِيْ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ 

Arab Latin: Allāhumma innī as'aluka bi musyāhadati asrāril muhibbīn, wa bil khalwatil latī khashshashta bihā sayyidal mursalīn hīna asraita bihī lailatas sābi'i wal 'isyrīn an tarhama qalbiyal hazīna wa tujība da'watī yā akramal akramīn. 

Artinya, "Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Engkau khususkan kepada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjalankannya pada malam 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan."

Cara Mengamalkan Doa Malam Isra Miraj


Doa malam Isra Miraj tidak segera dibaca saat itu juga. Tetapi harus didului shalat sunnah dan shalawat. Berikut rinciannya:

  1. Melakukan shalat sunnah dua rakaat seperti shalat sunnah umumnya. Selanjutnya membaca surat Al-Ikhlas sesudah membaca surat Al-Fatihah di rakaat pertama dan kedua.
  2. Membaca shalawat ke Nabi Muhammad sekitar 10 kali.
  3. Membaca doa itu, selanjutnya mengatakan semua hajat-hajatnya.

LihatTutupKomentar