Cara Melindungi Akun Instagram Agar Tidak Kena Hack Dengan Mudah

Cara Melindungi Akun Instagram Agar Tidak Kena Hack Dengan Mudah

Cara Melindungi Akun Instagram Agar Tidak Kena Hack Dengan Mudah


Marikupas - Begitu asik berselancar di sosial media seperti Instagram, kerap kali membuat kita lupa untuk jaga keamanan akun itu. Ditambah, sekarang ini banyak kejadian peretasan akun Instagram yang sudah dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Ini sudah pasti harus kita hindarkan dengan melindungi akun Instagram agar tidak kena hack. Walaupun pengikut kita tidak banyak, tapi jaga keamanan akun jangan dikira sepele.

Karena, adanya kemungkinan akun Instagram kita disalahgunakan untuk keperluan personal si peretas. Contohnya dilakukan untuk menipu atau pinjam uang ke daftar pertemanan di Instagram dan yang lain. Banyak cara peretas untuk dapat masuk ke dalam akun milik kita, bisa dengan teknik phising yang menjebak beberapa pengguna untuk masuk ke dalam sebuah link dan pada akhirnya memberi data personal secara tidak tersadari. Supaya terhindar dari peretasan, berikut cara-cara untuk melindungi akun Instagram supaya tidak kena hack.

Selalu Mengubah Kata Sandi Secara Berkala


Untuk melindungi akun Instagram supaya terhindar dari peretasan, sangatlah dianjurkan buat pengguna selalu untuk menukar kata sandi dengan berkala. Kata sandi yang dipakai juga harus yang rumit dan tidak dapat ditebak oleh seseorang. Oleh karena itu, jauhi membuat kata sandi dengan memakai tanggal lahir atau angka yang gampang ditebak oleh seseorang. Pakai gabungan dari huruf, angka, dan lambang untuk membikin kata sandi yang kuat.

Aktifkan Fitur Two-Factor Authentication


Mengubah kata sandi saja rupanya belum cukup buat melindungi akun Instagram dari serangan hacker. Karena kamu perlu aktifkan fitur two-factor authentication yang berperan untuk memberi perlindungan ganda saat masuk ke dalam akun Instagram. Saat akan masuk ke akun, kamu akan disuruh untuk masukkan kata sandi, selanjutnya kode keamanan dari two-factor authentication. Kode two-factor authentication cuma ada pada telpon seluler pribadi yang terinstal akun Authentication App atau lewat pesan.

Mencabut Akses ke Aplikasi Pihak Ketiga


Banyak aplikasi pihak ketiga yang memaksa pengguna membuat akun saat sebelum bisa memakai aplikasi itu. Mereka umumnya tawarkan jalan pintas untuk memakai akun Instagram sebagai akses. Jika kamu telah terlanjur memperbolehkan aplikasi itu untuk terhubung ke akun Instagram, kemungkinan besar data pribadimu akan diincar. Oleh karena itu, selekasnya memutuskan akses itu supaya akun Instagram aman.

Pastikan Akun Email Aktif dan Aman


Disamping poin di atas, email dan nomor telpon yang dipakai untuk masuk ke dalam akun itu penting diingat. Pastikan email harus terus aktif dan ditukar kata sandinya dengan berkala, supaya peretas tidak dapat menjebolnya. Karena saat kamu kehilangan kendali atas akun Instagram, kamu bisa mereset kata sandi lewat email.

Logout Akun Instagram dari Perangkat Lain


Kamu perlu hapus perangkat tidak dikenali yang tersambung dengan akun Instagram. kamu barangkali sempat log in akun Instagram di hp kawan atau laptop kantor. Kamu perlu hapus akses Instagrammu dari perangkat-perangkat itu.

Itu lima cara melindungi akun Instagram agar tidak mudah di hack atau diretas oleh seseorang. Apa kamu telah lakukan beberapa hal di atas? Jika belum, selekasnya dicoba supaya akun punyamu masih tetap aman.

LihatTutupKomentar