Cara Modus Penipuan Lewat QR Kode dan Tips Pencegahannya

Cara Modus Penipuan Lewat QR Kode dan Tips Pencegahannya

Cara Modus Penipuan Lewat QR Kode dan Tips Pencegahannya


Marikupas - QR kode atau kode batang dua dimensi sudah jadi bagian dari kehidupan setiap hari. Kode ini kerap dipakai sebagai alat pembayaran, transaksi online, dan beragam kepentingan yang lain. Tetapi, QR kode dapat menjadi alat penipuan yang beresiko. Modus penipuan melalui QR kode ini dapat disebutkan "quishing", yaitu penyatuan dari QR dan phising.

Di mana si penipu akan lakukan aksinya dengan kuras saldo rekening korban lewat kode QR yang diberi. Ini karena quishing bekerja dengan mendapatkan informasi dan detil personal korban.

Bagaimana Cara Kerja Modus Penipuan Melalui QR Kode?


Supaya kita jadi lebih hati-hati, sangat penting untuk ketahui cara kerja quishing tersebut. Awalnya, kita perlu ketahui jika saat QR dipindai, jadi halaman akan dibawa ke situs tertentu, memperlihatkan pesan teks biasa, daftar aplikasi, sampai alamat peta.

Selanjutnya pelaku akan manfaatkan potensi ini untuk arahkan korban ke website palsu hingga orang juga susah mengetahui website yang dikunjungi saat sebelum buka website. Berdasar situs Wired, quishing terjadi saat pelaku menipu korbannya untuk mengambil suatu hal dalam perangkat smartphone. Unduhan tersebut yang merugikan perangkat punya korbannya.

Modus penipuan melalui QR kode ini juga makin masif sebab bisa dibikin gampang oleh siapa pun. Bahkan juga, seorang dapat membuat tanpa memerlukan keterampilan khusus. Tetapi, ini tidak pantas ditiru, ya.

Tips Pencegahan Modus Penipuan Lewat QR Kode


Tetapi tenang saja, kita dapat lakukan pencegahan supaya tidak jadi korban dari quishing itu. Berikut panduan yang dapat kamu lakukan:

  • Jangan gampang yakin dengan QR kode yang terpasang pada tempat umum atau diberi ke orang yang tidak dikenal darimanakah asalnya.
  • Cek URL website yang ada sesudah kamu scan QR kode. Bila URL itu tidak sesuai website yang kamu tuju, jangan meneruskan ke situs itu.
  • Jangan masukkan informasi pribadi Anda ke website yang tidak kamu kenali.
  • Aktifkan autentikasi dua faktor (2FA) pada akun-akun kamu yang terpenting.
  • Keluar perangkat yang tidak dipakai lagi.

Modus penipuan melalui QR kode ialah kejahatan yang serius dan dapat bikin rugi korbannya. Karena itu, sangat penting untuk ketahui cara kerja modus penipuan ini dan tips untuk menghindarinya sama seperti yang telah disebut sebelumnya.

LihatTutupKomentar