Pantai Pandawa - Daya Tarik dan Keunikan Ciri Khas Wisata di Bali

Pantai Pandawa - Daya Tarik dan Keunikan Ciri Khas Wisata di Bali

Pantai Pandawa - Daya Tarik dan Keunikan Ciri Khas Wisata di Bali


Marikupas - Pantai Pandawa ialah pantai dengan pasir putih yang berada di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Menurut sejarahnya saat sebelum dikenali istilah Pandawa, pantai ini terlebih dahulu dikenali warga sekitaran sebagai Pantai Kutuh sesuai nama wilayahnya.

Keunikan dari Pantai Pandawa yakni mempunyai dua tebing besar dan tinggi yang pada salah satu seginya diukir lima patung Pandawa dan Kunti.

Sementara ke enam patung itu dengan berurut diperlihatkan sejajar, dimulai dari posisi paling tinggi dan dinamakan Dewi Kunti, selanjutnya lima kesatria Pandawa, yakni Dharmawangsa (Yudhistira), Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa, yang membuat pantai ini juga dikatakan sebagai Pantai Pandawa.

Selainnya memandang patung-patung bersejarah, ada beberapa daya tarik yang dapat dijelajahi di Pantai Pandawa. Berikut informasi secara lengkap yang dikumpulkan beragam sumber.

Daya Tarik di Pantai Pandawa


Daya tarik yang bisa dijelajahi turis di Pantai Pandawa ini lumayan banyak. Dimulai dari pantai, penginapan, sampai fasilitas olahraga air. Berikut kegiatan dan daya tarik wisata Pantai Pandawa.

Pantai Pasir Putih


Hal pertama yang dapat dinikmati di Pantai Pandawa, yakni bermain di atas bentangan pasir putih dan air laut yang jernih sembari berenang.

Bukit Kapur


Pantai Pandawa dikelilingi dua tebing besar. Pada tempat ini pengunjung dapat berswafoto dengan suasana eksotik disekelilingnya.

Watersport


Senang menantang adrenalin? Di Pantai Pandawa ini pengunjung dapat mengikuti beragam tipe aktivitas watersport. Dimulai dari kano, kayak, banana boat, berselancar, sampai jet ski.

Patung Pandawa


Di tempat sekitaran tebing kapur ada ornamen patung-patung putih yang ceritanya asal dari Mahabarata, seperti patung Yudistira, Bima, Arjuna, Sadewa, dan Nakula.

Paralayang


Tidak jauh dari area Pantai Pandawa, ada tempat paralayang yang lokasi awalnya dari Bukit Timbis. Sarana paralayang ini dapat lihat semua area Pantai Pandawa di atas ketinggian.

Budi Daya Rumput Laut


Main di Pantai Pandawa dapat sekalian belajar budi daya rumput laut yang dikelola masyarakat sekitaran.

Pengunjung bisa menyaksikan secara langsung aktivitas setiap hari beberapa petani rumput laut di Pantai Pandawa, dimulai dari kumpulkan rumput dari laut sampai di bawa ke dataran.

Rute ke Pantai Pandawa


Liburan ke Bali dan ingin berkunjung Pantai Pandawa? Pengunjung dapat pilih rute-rute berikut, lengkap dengan perkiraan waktu tempuhnya.

Bandara Ngurah Rai


Dari Bandara Ngurah Rai menuju Pantai Pandawa memiliki jarak sekitaran 20-22 km dengan waktu berkendaraan 40 menit. Kamu dapat pilih jalur lewat Benoa Toll Road atau Jalan Tol Bali Mandara setelah itu mengikutinya arahan ke Pantai Pandawa.

Nusa Dua


Dari Nusa Dua menuju Pantai Pandawa termasuk dekat yang memiliki jarak sekitaran 10 km dengan waktu tempuh lebih kurang 30 menit. Kamu dapat lewat Jalan Raya Nusa Dua Selatan setelah itu mengikutinya jalur Jalan Pantai Pandawa.

Uluwatu


Dari Uluwatu menuju Pantai Pandawa memiliki jarak sekitaran 15 km dengan waktu tempuh perjalanan 35 menit. Kamu dapat telusuri Jalan Raya Uluwatu Pecatu selanjutnya pilih jalan Pura Batu Pageh untuk akses lebih dekat.

Seminyak, Kuta, Canggu


Dari Seminyak, Kuta, dan Canggu menuju Pantai Pandawa memiliki jarak lebih kurang 35 km dengan waktu tempuh 1 jam lebih perjalanan. Kamu dapat melalui Benoa Toll Road atau Bypass Ngurah Rai dalam jarak yang tidak berbeda jauh.

Biasanya, turis yang berkunjung ke Pantai Pandawa memakai kendaraan beroda 2 atau beroda 4 yang disewa sepanjang hari dari jasa sewa mobil-motor.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Pandawa


Masuk ke dalam lokasi Pantai Pandawa dikenai ongkos masuk yang tergolong murah di bawah Rp10 ribu per orang.

Harga tiket itu belum termasuk ongkos parkir yang menyesuaikan jenisnya. Parkir motor sekitaran Rp2 ribu dan mobil sekitaran Rp5 ribu.

Sementara jam operasional Pantai Pandawa dimulai dari jam 7 pagi WIT sampai dengan jam 6 sore WIT.

Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Pandawa sebaiknya sore atau pagi karena cuacanya tidak begitu panas.

LihatTutupKomentar