7 Cara Mengatasi Rasa Lelah dan Lapar Saat Menjalani Puasa Ramadhan

7 Cara Mengatasi Rasa Lelah dan Lapar Saat Menjalani Puasa Ramadhan

Cara Mengatasi Rasa Lelah dan Lapar Saat Menjalani Puasa Ramadhan


Marikupas - Puasa Ramadhan adalah momen istimewa bagi umat Islam untuk tingkatkan keimanan dan ketakwaan. Tetapi, rasa lelah dan lapar saat puasa Ramadhan jadi tantangan tertentu. Tetapi jangan cemas, karena lewat artikel berikut, akan mengulas sejumlah cara tepat untuk mengatasi rasa lelah dan lapar, supaya ibadah berjalan maksimal dan makin semangat. Berikut sejumlah panduan yang dapat kamu lakukan:

Konsumsi Makanan yang Bergizi Saat Berbuka


Supaya rasa lelah dan lapar saat puasa Ramadhan dapat terselesaikan secara baik, pastikan saat berbuka, kamu konsumsi makanan bergizi yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks, protein, serat, dan lemak sehat. Jauhi makanan yang terlampau berlemak atau terlampau manis, karena bisa membuat kamu cepat lapar kembali. Disamping itu, buah-buahan segar dan sayur dapat menjadi opsi yang bagus untuk jaga konsumsi gizimu.

Jangan Makan dan Minum Secara Berlebihan


Berbuka puasa jadi waktu yang paling di tunggu-tunggu. Semua tipe minuman dan makanan yang ada di atas meja makan, rasanya ingin sekali dihabiskan saat itu juga. Tetapi, seharusnya jangan melakukan itu. Karena konsumsi minuman dan makanan dengan terlalu berlebih saat buka akan membuat kamu merasa terlampau kenyang dan tidak nyaman.

Dianjurkan untuk konsumsilah dengan jatah yang cukup. Dan janganlah lupa untuk perbanyak minum air putih karena ini benar-benar membantu jaga badan supaya masih tetap terhidrasi selama seharian. Dan yang paling penting, hal itu bisa juga mengatasi rasa lelah dan lapar saat puasa Ramadhan.

Konsumsi Buah dan Sayur


Untuk mengatasi rasa lelah dan lapar saat puasa Ramadhan, janganlah lupa menambah buah dan sayur pada menu sahur dan berbuka. Karena, keduanya memiliki kandungan banyak air, serat, dan gizi penting lainnya yang bisa membantu mempertahankan kesehatan badanmu selama berpuasa.

Batasi Konsumsi Makanan Berminyak dan Berlemak


Makanan yang lebih tinggi lemak dan minyak memerlukan waktu lebih lama untuk di cerna oleh lambung. Ini bisa mengakibatkan perut berasa kembung dan tidak nyaman selama berpuasa. Karena itu, jauhilah makanan yang dimasak atau berlemak terlalu berlebih saat sahur dan berbuka puasa. Pilih cara mengolah lebih sehat seperti dikukus, direbus, atau dipanggang.

Istirahat yang Cukup


Memperoleh waktu beristirahat cukup rupanya benar-benar punya pengaruh pada keadaan tubuhmu saat berpuasa. Apalagi, selama bulan Ramadhan, pola tidur dan istirahat mungkin berbeda karena terbangun untuk sahur atau sholat malam. Tetapi, pastikan untuk selalu memperoleh beristirahat cukup supaya tubuhmu masih tetap segar dan bersemangat selama jalani puasa. Bila memungkinkannya, tambah tidur siang sesaat untuk isi energi saat tubuhmu mulai merasa lelah.

Lakukan Kegiatan Fisik Secara Teratur


Jangan menjadikan puasa sebagai rintangan tidak untuk olahraga. Seharusnya teruslah beraktivitas fisik yang gampang. Seperti jalan kaki atau lakukan senam mudah. Kegiatan fisik ini bisa membantu tingkatkan perputaran darah dan energi tubuhmu, dan membantu jaga kesehatan tubuhmu selama bulan Ramadhan.

Jaga Keseimbangan Gizi


Pastikan untuk konsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks, protein, serat, dan lemak sehat dengan jumlah yang imbang saat sahur dan berbuka. Keseimbangan gizi ini akan membantu jaga tingkat energi dan kenyamanan tubuhmu selama jalani beribadah puasa.

Dengan mengaplikasikan beberapa tips di atas, kamu dapat jaga energi dan kenyamanan selama jalani beribadah puasa Ramadhan. Ingat-ingatlah, untuk selalu jaga pola makan yang sehat dan teratur, serta cermati keperluan tubuhmu supaya masih tetap segar dan memiliki tenaga selama bulan Ramadhan. Mudah-mudahan beribadah puasamu berjalan dengan lancar dan penuh karunia.

LihatTutupKomentar